Pemkot Malang Terapkan Rekayasa Lalin di Pusat Kota

Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan Kadishub Kota Malang Widjaya Saleh Putra. Foto: Malangdata/Doddy Risky

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, berupaya mengurai kemacetan dengan menerapkan rekayasa lalu lintas terutama di pusat kota. Sejumlah solusi diambil melibatkan pemangku kepentingan di forum lalu lintas dan angkutan jalan, Selasa (23/7).

Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan pengaturan sangat diperlukan guna mengatasi kemacetan. Selain itu, Dinas Perhubungan sedang menyiapkan solusi membangun jembatan penyeberangan orang.

Wahyu mengungkapkan rekayasa lalin yang mendesak, yaitu di pertigaan Jalan Mayjend Sungkono dan Jalan KH Malik Dalam di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Di kedua jalan protokol itu kerap terjadi kepadatan kendaraan bermotor.

Nantinya, ada pengaturan terutama arah selatan tidak boleh langsung belok kanan ke Jalan KH Malik Dalam. Pengendara bakal diarahkan putar balik melintasi flyover atau jalan layang.

"Sehingga arus lalu lintas bisa cepat," kata Wahyu Hidayat.

Pengaturan juga merembet Jalan Brigjen Slamet Riyadi sampai sekitar Buring. Hal itu guna mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Semeru.

"Kondisi kemacetan selama ini sudah mulai terkurangi. Meskipun belum menyelesaikan, tetapi bisa mengurangi kemacetan, khususnya pada jam-jam puncak. Karena itu, melalui Dinas Perhubungan mencoba merekayasa arus lalu lintas," tuturnya.

Sementara itu, Kadishub Kota Malang Widjaya Saleh Putra mengatakan selain menerapkan rekayasa lalu lintas, nantinya akan membangun jembatan penyeberangan orang. Jembatan itu mendesak di Jalan Bandung, terutama sekitar Madrasah Aliyah Negeri dan Madrasah Tsanawiah Negeri.

"Apa pun model rekayasa lalu lintas, komitmen dan kesadaran pengguna jalan menjadi bagian penting untuk menyelesaikan kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas di Mayjend Sungkono dan tiga  tempat lainnya yang cukup padat," pungkasnya.


Penulis : Doddy Risky
Editor : Bagus Suryo
Sumber :
Copyright @malangdata.com
Baca Juga