Aksi Nyata HPAI Malang Raya: Penanaman Pohon untuk Mitigasi Perubahan Iklim dan Dukung FOLU Net Sink 2030

Ketua HPAI Malang Raya, Sulaiman Sulang, memimpin aksi penanaman 225 pohon secara massal untuk menjaga keseimbangan lingkungan serta memperbaiki kualitas udara dan air bersih.


*Malangdata.com* – Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Malang Raya terus menunjukkan komitmen terhadap mitigasi perubahan iklim dengan mengadakan aksi penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan implementasi hasil Bimbingan Teknis Climate Innovation Generation Program (CIGPro), yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Aksi penanaman pohon ini bertujuan untuk mendukung program nasional *Indonesia's FOLU Net Sink 2030* dan menyelaraskan kebijakan sektor kehutanan dengan target pengurangan emisi gas rumah kaca.

Jajaran pemerhati lingkungan, 98 siswa Sekolah Adiwiyata, kader lingkungan, komunitas pengelola sampah, dunia usaha, dan industri prolingkungan ikut serta dalam aksi tanam pohon bersama HPAI Malang Raya, demi mewujudkan udara segar dan air bersih bagi generasi mendatang.

Aksi penanaman dilakukan pada Kamis, 19 September 2024, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kota Malang, dengan melibatkan berbagai pihak. Peserta yang hadir antara lain 98 Sekolah Adiwiyata, komunitas lingkungan, pengelola sampah, serta dunia usaha seperti PT Jasa Marga Pandaan Malang. Hadir pula Kasi Penaatan dan Peningkatan Kapasitas DLH Kota Malang, Ibu Sri..., dan Kepala TPA Supit Urang, Dr. Arif Dermawan, MT.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 240 bibit pohon ditanam, yang terdiri dari pohon sukun (30), pulai (100), juwet (50), mangga (15), jambu air (15), dan alpukat (30). Aksi ini tidak hanya bersifat tahunan, namun akan dilakukan secara berkelanjutan di wilayah Kota Malang dan sekitarnya, dengan harapan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat.

Siswa Sekolah Adiwiyata dan kader lingkungan bersama komunitas pengelola sampah bersatu gotong royong dengan visi yang sama untuk membuat Kota Malang lebih hijau, demi kesejahteraan masyarakat Bumi Arema.


Selain memperbaiki kualitas udara dan menciptakan ruang hijau, penanaman pohon ini diharapkan dapat memberikan hasil buah yang bergizi bagi masyarakat. Dengan demikian, aksi ini tidak hanya berkontribusi pada keseimbangan lingkungan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kegiatan penanaman pohon ini mendapat apresiasi luas dari para peserta yang antusias terlibat. HPAI Malang Raya berharap langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk terus mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dan menyukseskan target FOLU Net Sink 2030, guna mewujudkan Kota Malang yang lebih hijau dan berkelanjutan.

---

Penulis : Doddy Rizky 
Editor : Julio Kamaraderry 
Sumber :
Copyright @malangdata.com
Baca Juga