Baznas Tebar Gerobak Jatim Makmur Untuk Kemaslahatan UMKM Dengan Gerobak Ayo Berzakat

Ketua Baznas Kota Malang, Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, secara simbolis menyerahkan gerobak "Jatim Makmur" kepada salah satu warga kurang mampu di Kota Malang.

*Malangdata.com* - Warga UMKM dari sektor berpenghasilan rendah di Kota Malang mendapat bantuan gerobak melalui Program "Jatim Makmur" yang disalurkan oleh Baznas Kota Malang, Jawa Timur. Pada hari ini, 15 gerobak dengan ajakan "Ayo Berzakat" diberikan kepada warga yang telah mengajukan permohonan bantuan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur.

Ketua Baznas Kota Malang, Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, menjelaskan bahwa syarat pengajuan bantuan ini harus diketahui oleh ketua rukun warga setempat. Selain itu, penerima bantuan harus merupakan warga miskin yang memiliki usaha UMKM dan berdomisili di kelurahan terkait.

"Setelah pengajuan diterima, petugas akan melakukan survei lokasi dan verifikasi kelayakan. Jika memenuhi syarat, bantuan gerobak dari Baznas Jatim akan disalurkan melalui Baznas Kota Malang," ujar Kasuwi Saiban, Rabu (4/9).

15 penerima manfaat bersama jajaran Baznas Kota Malang.

Dari tiga kecamatan yang mengajukan permohonan, yaitu Kecamatan Kedungkandang dan Lowokwaru masing-masing menerima 6 gerobak, sementara Blimbing menerima 3 gerobak. Kecamatan Klojen dan Sukun tidak mengajukan permohonan.

Warga yang menerima bantuan diminta untuk mengambil gerobak di kantor Baznas Kota Malang. "Kami berharap bantuan dari Baznas Jatim melalui Baznas Kota Malang ini dapat bermanfaat bagi penerima," ungkap Imam, pelaksana pendistribusian dan pendayagunaan Baznas Kota Malang.

Salah satu warga RW 03 Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang, menerima gerobak "Ayo Berzakat" dari program Jatim Makmur, Baznas Jatim.

Ainun, warga Sekarputih Kelurahan Wonokoyo, yang ditemui di kelurahan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Malang melalui Baznas. "Keluarga kami sangat terbantu dengan bantuan gerobak ini untuk berjualan cilok di depan rumah. Terima kasih banyak kepada Baznas Kota Malang yang telah membantu warga berpenghasilan rendah," ujar wanita berhijab itu dengan rasa syukur.

Sementara itu, Yeyen, Ketua RW 03 Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang, yang sedang berkoordinasi dengan Lurah Wonokoyo, Bagus Pamungkas, juga menyatakan dukungannya terhadap program ini. "Kami sangat terbantu dengan program Baznas Kota Malang dalam penyaluran gerobak 'Jatim Makmur'. Semoga warga Wonokoyo yang berpenghasilan rendah dapat bangkit dan berwiraswasta di lingkungan tempat tinggal mereka," papar Bagus, yang diiyakan oleh Yeyen.


Penulis : Doddy Rizky 
Editor : Julio Kamaraderry 
Sumber :
Copyright @malangdata.com
Baca Juga