Pj Walikota Iwan Sebut Kota Malang Siap untuk Proyek LSDP Upaya Selesaikan Masalah Sampah

Pj Walikota Malang Iwan Kurniawan siap jadikan Kota Malang lokasi implementasi program Local Service Delivery Improvement Program untuk pengelolaan sampah terpadu.

Malangdata.com – Pj. Walikota Malang, Iwan Kurniawan, S.T., M.M., menyatakan bahwa Kota Malang siap menjadi lokasi implementasi program *Local Service Delivery Improvement Program* (LSDP) sebagai upaya pengelolaan sampah terpadu. Program ini dipandang strategis untuk menyelesaikan tingginya volume sampah harian di Kota Malang yang mencapai 778,34 ton. Saat ini, pengolahan di TPA Supit Urang hanya mampu menangani 35 ton per hari, sementara melalui proyek LSDP, targetnya dapat meningkat hingga 120 ton per hari.

“Karakter masyarakat perkotaan yang konsumtif menghasilkan sampah dalam jumlah besar setiap hari. Proyek LSDP ini diharapkan dapat menjadi solusi strategis untuk menyelesaikan masalah ini, dari hulu ke hilir,” ungkap Iwan, Kamis (5/9/2024).

Program LSDP, yang merupakan inisiatif dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dengan dukungan Kementerian PUPR, Bappenas, dan World Bank, berfokus pada lima aspek utama pengelolaan sampah: kelembagaan, pembiayaan, regulasi, partisipasi masyarakat, dan tata kelola teknis operasional.


“Kami optimis Kota Malang siap menjalankan proyek LSDP pada 2025. Lokasi pembangunan infrastruktur LSDP akan dilakukan di kawasan TPA Supit Urang,” lanjut Iwan. Ia juga menjelaskan bahwa Kota Malang telah memperkuat 78 TPS serta sektor informal dan TPS3R untuk mendukung daur ulang sampah.

Pada Jumat (6/9), Kota Malang akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah terkait persiapan pelaksanaan LSDP. Rapat ini akan dihadiri oleh lima daerah lain yang juga menjadi peserta LSDP: Kabupaten Lebak, Kabupaten Toba, Kota Palembang, Kota Pontianak, dan Kota Kendari.

Dengan penerapan LSDP di 2025, sebanyak 30 pemerintah kota/kabupaten yang memenuhi kriteria akan turut serta dalam program ini. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pengelolaan sampah secara terpadu dan berkelanjutan.

Penulis : Doddy Rizky 
Editor : Julio Kamaraderry 
Sumber : Prokompim 
Copyright @malangdata.com
Baca Juga